RSS

Pembuatan Bahan Ajar Matematika dengan Menggunakan GeoGebra (Bagian 1)

03 Okt

Tampilan GeoGebra

Beberapa waktu yang lalu penulis mengikuti Bimtek Online “Pemanfaatan Software GeoGebra dalam Pembuatan Bahan Ajar Matematika” yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika Yogyakarta. Secara bertahaphasil dari pelatihan itu akan penulis share di blogg ini agar rekan guru matematika dapat menggunakannya dalam pembuatan bahan ajar di kelas.

Pengenalan GeoGebra

GeoGebra adalah software matematika dinamis untuk pendidikan di sekolah menengah yang menghubungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Software ini pertama kali dikembangkan oleh Markus Hohenwarter.

Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri dinamis. Kita dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, segmen, garis, grafik persamaan serta fungsi dan mengubahnya secara dinamis sesudahnya.

Di sisi lain, persamaan dan koordinat dapat dimasukkan secara langsung. Dengan demikian, GeoGebra memiliki kemampuan untuk menangani variabel untuk angka, vektor dan titik, menemukan turunan dan integral fungsi.

Download dan Instalasi

Geogebra dapat digunakan secara bebas dan tanpa harus membayar lisensi apapun. Software ini dapat diunduh dengan mudah melalui internet. Namun, perlu diketahui bahwa GeoGebra membutuhkan software lain agar dapat berjalan baik, yaitu Java. Software Java juga dapat didownload secara gratis dari internet.Untuk mendapatkan software Java, kita dapat menuju situs java.com. Untuk mendowload software Java, silahkan klik javadl.sun.com/webapps/download/AutoDL?BundleId=65692.

Setelah Java diinstal pada komputer sekarang kita dapat menginstal GeoGebra. Jika Anda belum memiliki installer-nya bukalah situs geogebra.org dan pilih bagian Downloads. Setelah itu pilih Offline Installer, kemudian kita dapat memilih installer sesuai sistem operasi yang kita gunakan. Setelah selesai didownload, jalankan file installer tersebut dengan mengklik dua kali dan ikuti langkah instalasi sampai selesai.Untuk mendownload software GeoGebra silahkan klik  http://geogebra.googlecode.com/files/GeoGebra-Windows-Installer-4-0-41-0.exe

Area Kerja dan Menu GeoGebra

  • Tampilan Aljabar (Algebra View) – deskripsi objek pada tampilan grafik yang ditampilkan.

  • Tampilan Grafik (Graphics View)- tempat untuk kontruksi, gambar, grafik yang ditampilkan (area kerja).

  • CAS (Computer Algebra System) merupakan fasilitas yang mulai dimasukkan pada GeoGebra Versi 4.2 Beta. Fitur ini digunakan untuk melakukan perhitungan aljabar.

  • Spreadsheet- digunakan untuk pengeolahan angka berupa lembar kerja berbentuk baris dan kolom serupa dengan MS Excel.

  • Graphics 2D – mirip tampilan Graphics View, bedanya untuk tampilan Graphics 2D ini apabila diaktifkan akan memunculkan jendela baru. Setiap kali kita memasukkan persamaan atau perintah pada Inbut Bar maka hasil grafiknya akan muncul pada jendela ini.

  • Graphics 3D-adalah fitur baru yang masih dalam ujicoba dan mulai didukung oleh GeoGebra Versi 5 Beta.

Tampilan Aljabar, Toolbar, Sumbu koordinat, Input Bar, CAS, Spreadsheet, Graphics 2D/3D dapat dimunculkan atau disembunyikan melalui Menu Bar yaitu pada bagian View Menu.

Menu, Toolbar Dan Tool

Seperti pada aplikasi lain, menu bar GeoGebra berada pada bagian atas terdiri atas menu File, Edit Options, Tools, Window dan Help. Di bawahnya terdapat Toolbar yang berisi menu untuk membangun, menggambar, mengukur dan memanipulasi objek. Pada setiap kategori yang ada di Toolbar terdapat beberapa tool lain yang tersembunyi, untuk menampilkannya kita dapat mengklik tanda panah kecil di bagian kanan bawah setiap kotak tool yang ada di Toolbar.

Menu Bar – digunakan untuk mengelola file, edit file dan pengaturan modifikasi.

Toolbar – alat-alat yang digunakan untuk menggambar, membangun, mengukur dan memanipulasi objek.

Tool yang sedang aktif ditandai dengan adanya kotak biru pada tool tersebut. Selama Tool itu sedang aktif kita bisa menggunakannya untuk melakukan tugasnya dan tidak perlu mengklik lagi untuk membuat objek yang sama. Setiap tool yang ada dan sedang aktif akan dijelaskan nama Tool disamping kanan dari Toolbar itu sendiri.

Berikut ini penulis lampirkan video 1 (Area Kerja GeoGebra). Perhatikan Video berikut;


Berlanjut di edisi 2

SUMBER :PPPPTK MATEMATIKA YOGYAKARTA..

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Oktober 2012 in Blogroll

 

Tag: , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.340 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: