RSS

Kompetensi Inti dan Standar Kompetensi Kurikulum 2013

27 Feb

kurikulum__2013Dalam teori kurikulum (Anita Lie, 2012) keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum –termasuk pembelajaran– dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.

Struktur kurikulum dalam hal perumusan desain kurikulum, menjadi amat penting. Karena begitu struktur yang disiapkan tidak mengarah sekaligus menopang pada apa yang ingin dicapai dalam kurikulum, maka bisa dipastikan implementasinya pun akan kedodoran.

KUr 2013Kompetensi dalam kurikulum merupakan inti mata pelajaraN yang harus dikuasai oleh siswa. Akhir Pebruari ini Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaab telah menerbitkan Kompetensi Inti dan Standar kompetensi kurikulum 2013. Pada pengatar dokumen itu dijelaskan bahwa selain  berisi  deskripsi  Kompetensi  Dasar,  dokumen  ini  berisi  pula  Kompetensi  Inti  dan Struktur  Kurikulum.  Kompetensi  Dasar  dikembangkan  dari  Kompetensi  Inti,  sedangkan pengembangan  Kompetensi  Inti  mengacu  pada  Struktur  Kurikulum.  Kompetensi  Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan,  dan  pengetahuan  yang  harus  dipelajari  peserta  didik  untuk  suatu  jenjang sekolah,  kelas,  dan  mata  pelajaran.  Kompetensi  Inti  harus  dimiliki  peserta  didik  untuk setiap  kelas  melalui  pembelajaran  dengan  pendekatan  pembelajaran  siswa  aktif. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.

Kalau dibandingkan dengan Kompetensi Dasar pada kurikulum KTSP, Kompetensari Dasar pada Kurikulum 2013 lebih menekankan aspek afektif, sehingga pada beberapa mata pelajaran (misalnya Matematika), terasa Kompetensi Dasar kurang “operasional”.

Untuk mengulas lebih lanjut Kompetensi Inti dan Standar Kompetensi Kurikulum 2013 silahkan download di sini: 03-Kompetensi-Dasar-SMA-rev9Feb

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 Februari 2013 in BERITA

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.338 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: