RSS

PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENGETAHUI KESULITAN BELAJAR DAN MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XII SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

27 Jan

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Untuk Mengetahui Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pelajaran Matematika di Kelas XII SMA Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2008/2009”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA-4 sebanyak 42 orang yang dibagi menjadi 6 kelompok diskusi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yang di lakukan oleh 2 (dua) observer guru teman sejawat, angket untuk siswa dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yang melibatkan seluruh peserta didik kelas XII – IPA-4 SMA Negeri 3 Medan dan guru peneliti. Kedua observer mengobservasi kegiatan proses pembelajaran dari siklus 1 sampai siklus 2, yang mengacu pada indikator – indikator yang telah disusun.

Sistem penilaian untuk observasi peserta didik didasarkan pada 3 (tiga) kategori yaitu ”kurang”, “Sedang” dan ”baik”. Pengkategorian nilai – nilai tersebut diambil dari persentase, dengan ketentuan dengan kategori kurang, dengan kategori Sedang dan dengan kategori baik.

Hasil penelitian diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 55.8% dan pada siklus 2 adalah 57,0%, adanya keberanian siswa mengungkapkan permasalahan dalam pembelajaran, 85% siswa menyukai pembelajaran yang dilakukan dan adanya peningkatan ketuntasan pembelajaran berdasarkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Kata Kunci : Problem Posing, aktivitas siswa, kesulitan belajar.

*Penulis adalah Guru SMA Negeri 3 Medan
e.mail : mahmunz@yahoo.co.id

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 27 Januari 2009 in Blogroll

 

2 responses to “PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENGETAHUI KESULITAN BELAJAR DAN MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XII SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

  1. agusman

    7 Januari 2011 at 1:33 AM

    bang PTK nya ks yg lengkap la bg,masak cm abstrak doang,atau kirim kan ke email ku ya bang,makasih ya

     
  2. Mahmun Zulkifli

    7 Januari 2011 at 3:02 AM

    Mantaps, Gus.. Nanti di kirim

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: