RSS

LEMBAR AKTIVITAS SISWA

01 Feb

Menurut Standar Proses Pendidikan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Pelaksanaan kegaiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisifasi aktif , serta memberikan ruang lingkup yahg cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis pesrta didik. Pelaksanaan kegiatan inti guru menggunakan berbagai macam pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

Dalam pembelajaran matematika, kegiatan eksplorasi dapat dilakukan dengan bantuan bahan ajar cetak, yaitu Lembar AKtivitas Siswa (LAS). LAS berisi aktivitas berfikir siswa untuk menemukan rumus, menemukan konsep dan menghubungkan konsep yang telah ada. LAS berisi langkah-langkah terurut yang dilakukan siswa untuk menemukan rumus dan konsep yang akan akan dipelajari oleh siswa.

Berikut adalah contoh LAS yang dikembangkan oleh MGMP Matematika SMA Negeri 3 Medan. Untuk mengunduh klik .

BILANGAN BERPANGKAT

Setelah diadakan evaluasi ternyata konstribusi LAS sangat efektif untuk mengasah kemampuan eksplorasi siswa. Selamat membuat LAS.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Februari 2011 in Blogroll

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: