RSS

Workshop Pemanfaatan Microsoft Learning Suite: Angkatan II Menuju Gerbang Selanjutnya

18 Jul

Peserta Pelatihan dari Seluruh Indonesia

Kesuksesan penyelanggaraan Workshop Pemanfaatan Microsoft Learning Suite Angkatan I diikuti oleh kesuksesan angkatan berikutnya. Workshop angkatan II dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2012 di PPPPTK Matematika. Peserta workshop berjumlah 48 orang, mayoritas peserta berasal dari pulau Jawa dan sebagian dari provinsi lain, termasuk Sulawesi Selatan, NTB, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Peserta yang datang sejak pagi hari tampak tetap bersemangat mengikuti kegiatan hingga sesi terakhir di petang hari.

Dalam sesi pembukaan, pihak Microsoft diwakilioleh Dr. Ridi Ferdiana menjelaskan sekilas tentang program Microsoft sebagai rekan belajar guru dan civitas akademik lainnya dalam bentuk program Partner in Learning. Dari program tersebut dikembangkan banyak produk sebagai hasil sharing pengetahuan antara Microsoft dengan komunitas guru di dunia. Contohnya Microsoft Office 2007 yang desainnya terinspirasi oleh contextual learning.

Workshop secara resmi dibuka oleh kepala PPPPTK Matematika, Prof. Dr. rer. nat. Widodo, M.S. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa pemberian layanan pendidikan harus dapat ‘menyentuh’ semua guru di Indonesia, sementara PPPPTK Matematika sendiri mengemban tugas melayani lebih dari 75 ribu guru matematika hingga tahun 2013 nanti. Ini adalah hal yang hampir mustahil dituntaskan bila tidak menggunakan teknologi informasi sebagai alat bantu. Harapan kedepannya, PPPPTK Matematika dapat tetap menjalin hubungan baik dengan Microsoft untuk bahu-membahu mengemban tugas mulia ini.

Selanjutnya, peserta diperkenalkan dengan software-software produk Microsoft yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran matematika, seperti Microsoft Mathematics 4.0, Microsoft Education Math Worksheet Generator, Community Clips, dan Windows Live Movie Maker. Softaware selengkapnya beserta video tutorialnya dapat dapat ditemukan di website Microsoft Partner in Learning.

Pemberian cendera mata kepada peserta palatihan

Sebagaimana pada workshop angkatan pertama, peseta diminta membuat project kecil memanfaatkan software-software yang telah dipelajari dalam workshop ini. Dari seluruhnya, tampil 10 peserta yang mempresentasikan hasil karya yang dibuatnya dalam waktu singkat tersebut. Tiga predikat project terbaik diberikan kepada Dudi Wahyudi, S.Pd. dari Lebak Banten, Nurhadi, S.Pd. dari Bojonegoro Jawa Timur, dan Mahmun Zulkifli, S.Pd.,M.Si. dari Kota Medan Sumatera Utara.

Workshop Pemanfaatan Microsoft Learning Suite Angkatan II diakhiri dengan sesi photo bersama. Berdasar masukan berkenaan singkatnya waktu penyelenggaraan workshop, di masa yang akand atang PPPPTK Matematika dan Microsoft akan merintis kegiatan diklat singkat tentang pemanfaatan ICT dalam pembelajaran bagi guru-guru matematika se-Indonesia yang tentu akan mengeksplorasi matematika-ICT secara lebih mendalam. Kita tunggu tanggal tayangnya dan semoga lebih ‘menyentuh’ guru matematika !!!

Sumber : PPPPTK Matematika Yogyakarta

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Juli 2012 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: